Google

Jumat, 17 Februari 2023

INTIMACY IN THE DARKNESS

Setiap pagi saya berolahraga jalan kaki sekitar pukul 05.00. Di luar masih gelap dan sunyi. Belum ada seorangpun yang berpapasan. Hanya berteman lampu-lampu jalanan.

Walau berjalan sendirian dalam kegelapan, tapi saya sangat menikmati momen ini. Kadang ketika mendongak ke langit, masih ada bulan dan bintang-bintang yang berkedipan di atas sana. Dan langit terlihat sangat agung dan berkuasa. Hening tapi berwibawa. 

Saya lalu teringat pada satu ayat yang menceritakan tentang kebiasaan Yesus di pagi hari, bunyinya demikian:

"Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana." (Markus 1: 35)

Banyak orang takut pada kegelapan, sendirian dan kesunyian. Tapi Yesus justru mencari ketiganya untuk berjumpa dengan Bapa-Nya.

Banyak orang merasa insecure dalam kegelapan, tapi Yesus justru merasa sebaliknya. Ia menemukan kekuatan dan dukungan terbesar dari Bapa-Nya di saat sedang dalam kegelapan.

Banyak dari kita lupa, tempat yang paling aman, damai dan penuh sukacita yang pernah kita alami adalah ketika kita masih berada dalam rahim ibunda. Di sana, walau kita sendirian dalam gelap dan tidak bisa melihat siapa-siapa, namun kita merasa selalu aman dan terjamin, ada ibu yang membawa kita kemana-mana. Sementara ketika kita sudah keluar dari sana, berjumpa dengan banyak orang, berada dalam terang, kenapa justru kita kehilangan rasa aman dan malah takut menghadapi kegelapan?

Jadi ini bukanlah tentang keadaan, tapi tentang HUBUNGAN.

Apapun keadaan yang sedang menimpa kita, ketika hubungan kita dengan Sang Sumber kita baik-baik saja, bahkan penuh keintiman, maka kita akan selalu merasa aman. Walaupun kita tak dapat melihat sang Bapa, tapi kita tahu dan percaya bahwa Ia ada dan tak pernah meninggalkan kita. Sepasti langit megah yang menyelimuti kita dengan kegelapan, demikianlah Bapa selalu melingkupi kita dengan penjagaan-Nya. Temukanlah keintiman bersamanya dalam jam-jam pertama dari waktu kita setiap harinya. Dan pastikan rasa aman itu akan selalu mengikutimu seumur hidupmu.


Tidak ada komentar: