Google

Senin, 29 Oktober 2007

STOP PRESS! PESTA BLOGGER 2007

Berita tentang akan diadakannya Pesta Blogger Indonesia tahun 2007 pertama kali saya ketahui dari Jennie S. Bev, dan sejak itu saya menyatakan dukungan terhadap acara ini dengan mencantumkan logo Pesta Blogger 2007 di blog ini.

Meski saya tak terdaftar sebagai peserta maupun hadir dalam acara akbar tersebut, setidaknya saya mengikuti perkembangan Pesta Blogger ini dari berbagai milis.

Dari milis Forum Pembaca Kompas yang dikomandani oleh Mas Agus Hamonangan saya jadi tahu perkembangan blogger di dunia maupun di Indonesia saat ini.

Dari artikel Jangan Abaikan Blogger yang ditulis oleh J Heru Margianto disebutkan bahwa Blog sebagai kekuatan baru dunia informasi tak dapat dipungkiri lagi. Contoh kasus kerusuhan di Myanmar tempo hari, berhasil didokumentasikan dan disiarkan oleh para blogger ke seluruh penjuru dunia meski berada di bawah ancaman dan tekanan dari junta militer yang berkuasa. Ini menunjukkan bahwa suara para blogger tidak bisa lagi diabaikan.

Perkembangan jumlah blog sendiri disinyalir bertambah dua kali lipat setiap bulan. Sementara, setiap hari tercipta lebih dari 70 ribu blog baru di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia, sebagaimana diliput oleh Majalah Business Week, telah mencatatkan Jakarta ke dalam 30 kota yang aktivitas ngeblog-nya tinggi. Sementara kabar dari Word Press menyebutkan bahwa dalam statistik bulan Juni bahasa Indonesia berada dalam urutan ketujuh bahasa yang paling banyak digunakan di situs ngeblog itu.

Bagaimana dengan persiapan Pesta Blogger 20o7 itu sendiri?
Dikabarkan pantia sempat kewalahan dengan membludaknya peserta, sampai-sampai memindahkan lokasi pelaksanaan ke tempat yang lebih besar.
Wah, luar biasa ya?

Dalam acara ini dinominasikan sejumlah blog berdasarkan kategorinya (berikut para pemenangnya sesuai berita terbaru yang saya peroleh hari ini).
  1. Kategori online marketing dan sales: Media Ide Bajing Loncat
  2. Kategori women’s issues: Fashionese Daily
  3. Kategori blog teknologi: Ilmu Komputer.com
  4. Kategori blog personal: Istri Bawel
  5. Kategori blog selebriti: Jennie S. Bev
  6. Kategori current issues: Perspektif. net
  7. Kategori bridge blogging: Enda Nasution
  8. Kategori pendatang baru terbaik: Lidya Wangsa
Dan wow, di blog selebriti terbaik terpilih Jennie S.Bev, sebagaimana sudah saya duga sebelumnya. Bukan karena saya nge-fans pada Jen, tapi blog Jen memang patut mendapat penghargaan terbaik. Paling tidak, menurut saya, blog Jen memenuhi kriteria informatif dan terpercaya, edukatif, memiliki misi yang jelas, desain yang menarik dan beberapa kelebihan lain yang akan terlalu panjang jika saya sebutkan satu persatu di sini ;-)).
Congratulations, Jen dan juga para pemenang lainnya. Salam persaudaraan semuanya.

Akhir kata, semoga kemeriahan acara ini tak berhenti sampai di sini. Semoga para Blogger tetap menjalankan misinya masing-masing di dunia teknologi informasi ini untuk menjadi pembawa pesan, informasi, kebenaran, keadilan dan perdamaian bagi dunia kita bersama.

Salam

Tidak ada komentar: