Google

Selasa, 09 Oktober 2007

MEMPERJELAS TUJUAN

Ada 3 tujuan saya dalam membuat program Transformasi 150 hari.
  1. Terjadinya perubahan mindset, perilaku, habits, karakter dari negatif menjadi positif
  2. Terjadinya pertumbuhan di tingkat ketrampilan (skill)
  3. Terjadinya perkembangan di sektor network
Ketiganya butuh dijalani, butuh TINDAKAN, bukan hanya diangankan saja.

Pertanyaannya, kenapa saya tidak fokus di nomor 1 saja dulu?

Jawabannya, karena apa yang saya cantumkan di nomor 1 adalah hal-hal yang tidak nyata/ tidak konkrit.
Bagaimana saya mengukur ketekunan saya?
Bagaimana saya tahu seberapa besar power fokus saya?
Bagaimana saya tahu transformasi saya berhasil atau tidak?
Bagaimana saya tahu bahwa saya tak lagi bereaksi negatif lagi dan berubah sebaliknya?

Semua itu baru bisa terlihat dari apa yang kita hasilkan.

Apakah pekerjaan yang saya rencanakan berhasil saya tuntaskan?
Apakah target penghasilan saya tercapai?
Apakah skill saya bertambah? (Dulu gaptek sekarang minimal bisa buat blog sendiri...? hehehe... ini saya.... :-) )
Apakah teman-teman dan lingkungan pengaruh saya bertambah?

OK. Kita kembali lagi ke nomor 1.
Mengenai apa yang ingin saya ubah di nomor 1, masih bisa di break-down lagi:
  1. Mengubah TEGANG menjadi RILEKS
  2. Mengubah MARAH menjadi SABAR
  3. Mengubah PEMBOSAN menjadi TEKUN
  4. Mengubah TAKUT menjadi BERANI
  5. Mengubah KUATIR menjadi BERSERAH
  6. Mengubah MENUNTUT menjadi MENERIMA
  7. Mengubah MENGHAKIMI menjadi MENGHARGAI
  8. Mengubah MEMINTA menjadi MEMBERI
  9. Mengubah MENGOMEL menjadi BERSYUKUR
  10. Mengubah DENDAM menjadi PEMAAF
  11. Mengubah DILAYANI menjadi MELAYANI
  12. Mengubah BUTUH PERHATIAN menjadi MEMPERHATIKAN
  13. Mengubah NEGATIVE THINKING menjadi POSITIVE THINKING

Waow..., nggak terasa banyak juga ya? Padahal itu baru yang nomor 1 saja lho.

Bagaimana yang nomor 2?

  1. Saya ingin punya blog sendiri untuk mempublikasikan tulisan saya sendiri.
  2. Saya ingin mengirim tulisan saya sendiri ke milis-milis yang saya ikuti.
  3. Saya ingin membuat satu saja kerajinan tangan yang saya kuasai.
  4. Saya ingin belajar lebih banyak lagi tentang internet marketing.

Lho, lantas apa hubungannya nomor 1 dan nomor 2?

Begini, kalau kita ingin berubah, kita akan lebih terpacu jika ada orang lain yang tahu.
Minimal pada saat gagal, ada yang bisa membantu menyemangati (hehehe...GR!).
Nah, tujuan saya membuat blog selain untuk mendokumentasi program transformasi saya dan untuk menyemangati diri sendiri, terutama adalah untuk memproklamirkan kepada dunia bahwa saya MAU dan SEDANG berubah.... (wah..wah... kedengarannya kok terlalu dahsyat ya?). Dengan demikian, saya akan malu sendiri jika mundur dari program ini. 'Kan seluruh dunia sudah tahu, sedang menunggu dan siapa tahu mensupport rencana saya? Janganlah saya sampai putus asa di tengah jalan....

Yang kedua, dengan mempublikasikan tulisan saya lewat blog dan milis-milis, mau tak mau saya harus bertanggungjawab dengan apa yang saya tuliskan. Ini membuat sifat pengecut saya, sifat rendah diri saya menjadi bungkam. Saya termotivasi untuk berubah menjadi lebih PD dan lebih ksatria.

Yang ketiga, dengan membuat blog, dengan membuat kerajinan tangan, dengan menulis, saya benar-benar menghasilkan karya yang nyata. Bukan hanya berhenti pada IDE saja. Saya sudah melangkah pada step TINDAKAN, bukan hanya konsep atau rencana semata. Ini adalah sebuah langkah keberanian. Dan itu berhubungan dengan mengubah kebiasaan TAKUT saya menjadi BERANI.

Yang keempat, belajar membuat blog dan internet marketing mengubah sifat pembosan saya menjadi tekun dan kreatif. Mengubah sifat malas saya menjadi rajin dan produktif. Minimal rajin mencari info dan belajar dari sana sini .... :-). Mengubah kegaptekan saya menjadi "sedikit tahu" sekarang, hehehe...

Selanjutnya apa yang saya lakukan di nomor 1 dan 2, berimbas pada nomor 3: perkembangan network. Saya dapat teman-teman baru dari blog saya, dari milis-milis yang saya ikuti....

Demikianlah, mendefinisikan tujuan sangat penting untuk membangkitkan motivasi diri, bahwa kita MAU dan MAMPU. Kita orang-orang BERHASIL. Kita orang-orang BERANI. Kita orang-orang yang DIUBAHKAN dan MENGUBAH DUNIA.

Sungguh saya sangat bersukur pada Tuhan, bahwa Tuhanlah yang terbesar memberikan support kepada saya untuk berubah. Dibandingkan 150 hari yang lalu, saya melihat begitu banyak perubahan telah terjadi atas diri saya. It's miracle! Praise the Lord!

Sekian dulu postingan hari ini. Disambung lagi pada postingan berikutnya, ya?

Salam,

Tidak ada komentar: