Google

Sabtu, 14 Maret 2009

Kreasi Kemasan Plastik Bekas

Sehari- hari, pasti ada saja bungkus bekas jajanan di setiap tong sampah maupun di jalanan. Kondisi tempat penampungan sampah, yang tepatnya di Leuwi Gajah Cimahi Selatan , Jawa Barat ini, sampah plastik ataupun sampah dari bungkus bekas jajanan, lebih mendominasi dibandingkan dengan sampah yang lainnya.

Maka dari itu, patutlah kita mendaur ulang bekas bungkus jajanan ataupun bungkus kopi (yang berbahan plastik) menjadi sesuatu barang yang berguna dan dapat dimanfaatkan.

Kenyataannya, banyak sekali cara untuk mendaur ulang plastik, terutama bekas bungkus berbahan plastik contohnya bungkus jajanan ataupun bungkus kopi. Tapi, di sini kami akan menyajikan salah satu daur ulang plastik yang berbahan dasarkan bekas bungkus jajanan, menjadi barang yang sangat berguna bagi kesaharian kita, yaitu tas. Mau tahu bagaimana cara membuatnya?

  1. siapkan bekas bungkus jajanan ataupun bungkus kopi sebanyak 200 buah (untuk penerapan, disesuaikan dengan keinginan ukuran tas) ; gunting ; benang kasur ; jarum.
  2. Gunting bagian- bagian plastik menjadi rata (tidak ada yang mengkerut), semua plastik yang dipakai, digunting sama besarnya.
  3. Setelah semua selesai dirapihkan, tentukan ujung plastik yang akan ditampakkan di depan.
  4. Kemudian lipat 4 bagian, seperti gambar di bawah ini.Lipat kembali dengan menentukan ujung plastik lebih rendah dari lawannya, (ujung plastik yang akan jadi icon/ tampak depannya, diletakan di dalam).
  5. Siapkan 2 plastik yang sudah dilipat kemudian masukkan ujung yang pendek ke dalam selipan plastik yang dihi mpit. dan begitu pula sebaliknya untuk ujung yang panjang.
  6. Lakukan secara zigzag, berulang kali. Untuk 200 buah bungkus jajanan/ bungkus kopi, buat rangkaian sampai 20 zigzag-an. Lakukan 3 kali. (tergantung keinginan panjang tas). (40×3=120)
  7. Untuk bagian bawah, buat rangkain sampai 10 zigzag-an. Lakukan 3 kali. (tergantung keinginan besar lebarnya). (20×3=60)
  8. untuk sisanya, yakni 20 bungkus kopi, dapat dirangkai menjadi tali tas ataupun penutup tas, tergantung kreativitas.
  9. (lebih jelasnya dalam teknik pelipatan dan perangkaian, lihat video “Daur Ulang Bungkus Berbahan Plastik”)
10. sambunglah seluruh rangkaian menjadi sebuah tas, dengan menggunakan benang kasur.

11. hasilnya, dapat di lihat pada gambar di bawah ini.

(perlu waktu lebih dari 2 minggu untuk menyelesaikannya, tergantung banyaknya orang mengerjakan. maka kami menampilkan contoh yang berbeda dengan bahan dasar yang kami peragakan.)

selesai !

Silakan anda praktekan. Agar tumpukan sampah dari plastik berkurang, dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari- hari.

Sumber: http://sman13bandung.school-press.com/2009/01/13/daur-ulang-bungkus-berbahan-plastik-2/

3 komentar:

abby lifely glory mengatakan...

keren2....like this pokoknya...

abby lifely glory mengatakan...

keren - keren....like this pokoknya...

Anonim mengatakan...

keren, terus kalau cara membuat tempat sampahnya gimana sih? tolong di bales ya. terimakasih.
dian